TOTOGI, Beras Premium Unsoed dan Benih Padi Unggul Unsoed

 

TOTOGI adalah produk beras premium yang dihasilkan oleh Start-up Company yang didirikan bersama oleh Koperasi Serba Usaha karyawan Unsoed (KOSUKU) dan PT SUDE. Beras Premium TOTOGI tersedia dalam kemasan 5 Kg. Terdapat beberapa varian produk beras premium TOTOGI yaitu: Beras Premium “Inpago Unsoed 1”, Beras Premium “Inpari Unsoed 79 Agritan” dan Beras Premium “Inpari Unsoed Parimas”TOTOGI adalah produk beras premium yang dihasilkan oleh Start-up Company yang didirikan bersama oleh Koperasi Serba Usaha karyawan Unsoed (KOSUKU) dan PT SUDE. Beras Premium TOTOGI tersedia dalam kemasan 5 Kg. Terdapat beberapa varian produk beras premium TOTOGI yaitu: Beras Premium “Inpago Unsoed 1”, Beras Premium “Inpari Unsoed 79 Agritan” dan Beras Premium “Inpari Unsoed Parimas”

Selain Beras Premium TOTOGI. Start-up company ini juga memproduksi Benih Padi Unggul Unsoed bersertifikat label ungu dalam kemasan 5 Kg untuk Varietas “Inpago Unsoed 1”, “Inpari Unsoed 79 Agritan” dan “Inpari Unsoed Parimas”.


Keunggulan Produk             :

Beras TOTOGI menggunakan bahan baku gabah dari padi varietas unggul Unsoed dimana tiap-tiap produk mempunyai karakteristik yang khas dan diproses melalui standar produksi mutu beras premium.

Beras Premium “Inpago Unsoed 1”, mempunyai karakteristik menghasilkan nasi yang beraroma wangi dan bertekstur sangat pulen.

Beras Premium “Inpari Unsoed 79 Agritan” mempunyai mutu giling premium, dan rasa nasi pulen.

Beras Premium “Inpari Unsoed Parimas”, mempunyai rasa nasi sangat pulen

Benih Padi Unggul Unsoed bersertifikat dan berlabel biru yang diproduksi oleh Start-up Company Unsoed mempunyai keunggulan yang spesifik sebagai berikut:.

Varietas “Inpago Unsoed 1”, mempunyai karakteristik toleran kekeringan sehingga cocok untuk ditanam di lahan kering sebagai padi gogo atau ditanam di lahan yang irigasinya bergantung pada air hujan atau terbatas..

Varietas “Inpari Unsoed 79 Agritan” dirakit khusus sebagai varietas padi yang toleran salinitas (kadar garam tinggi) sehingga sesuai untuk dibudidayakan di lahan sawah wilayah pesisir yang pada musim kemarau sering terkendala salinitas.

Varietas “Inpari Unsoed Parimas”, beradaptasi baik pada lahan kering subur dan lahan kering masam dataran rendah sampai 700 m dpl.


Pengguna Produk    :

Beras Premium TOTOGI diproduksi untuk konsumen berbagai kelas sosial baik di perkotaan maupun di perdesaan.  Beras Premium TOTOGI dikemas secara higienis dan memenuhi standar mutu beras premium sehingga rasa nasi dapat dipertahankan sejak diproduksi sampai saat dimasak sehingga mempunyai segmen pasar yang kompetitif untuk dijual di outlet-outlet modern..

Benih Padi Unggul Unsoed diproduksi untuk para petani padi di daerah-daerah yang tertentu sesuai kekhasan varietas yang diproduksi.  Terlepas dari kekhasan peruntukkan dari tiap varietas padi unggul Unsoed, sampai saat ini varietas unggul Unsoed telah ditanam oleh petani di berbagai wilayah di Indonesia.


Jumlah Produksi per Tahun/ per Bulan

Rata-rata produksi pada akhir tahun 2019 (production trial) dan tahun 2020 (target produksi):

  • Produksi Beras Premium TOTOGI rata-rata 60 ton per tahun
  • Produksi Benih Padi Unggul Unsoed  rata-rata 50 ton. per tahun (3 musim panen).

Total Pendapatan

Sebelum Pendanaan       :

  • - Rp. 464.500.000 (+ piutang Rp. 69.350.000) dalam bentuk penjualan benih Inpari Unsoed 79 Agritan.

Setelah Pendanaan         :

  • - Rp. 500.000.000 (asumsi produksi benih 50 ton x 10.000)
  • - Rp. 690 juta (asumsi produksi 60 ton beras premium x 11.500)

Jumlah Tenaga Kerja:

  • Sebelum Pendanaan       : - 6 orang
  • Setelah Pendanaan         : - 10 orang

Dampak/ Manfaat Produk

Berkembangnya pusat-pusat produksi padi baru di daerah-daerah yang lahannya terkendala (marginal) seperti: lahan salin di wilayah pesisir menggunakan padi unggul Inpari Unsoed 79 Agritan dan lahan-lahan kering dan atau yang air irigasinya terbatas dengan menggunakan padi unggul Inpago Unsoed 1 dan Inpari Unsoed Parimas.

Pendirian Start-up Company Teaching Industry Beras Premium Unsoed juga berdampak pada dikembangkannya Tempat Uji Kompetensi (TUK) Budidaya Tanaman di Fakultas Pertanian Unsoed dan tempat magang mahasiswa D3 Agribisnis untuk bidang kewirausahaan, dan mahasiswa S1 Agroteknologi untuk Teknologi Benih.

Sosial   :

Penyebaran produk benih unsoed berdampak pada peningkatan pendapatan untuk petani di daerah-daerah lahan marginal, lahan salin di pesisir dan lahan kering. Akuisisi bahan baku untuk Rice Milling Plant berupa gabah kering panen (GKP) dari petani plasma melalui perjanjian kerjasama dengan Kelompok Tani juga meningkatkan motivasi para petani untuk bekerja lebih baik dan inovatif dalam budidaya padi.

Standard